Terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan, merupakan salah satu bentuk implementasi kebijakan program strategis pemerintah, dalam mendukung percepatan peningkatan kualitas pembangunan di wilayah secara lebih tepat guna melalui peran serta masyarakat.

Sebagai program kerja yang baru bagi sebagian besar daerah, tentunya pemahaman atas proses kerja dalam kegiatan yang melibatkan masyarakat ini perlu dipersiapkan dan dikuasai dengan sangat matang. Mengingat proses kerja ini menuntut pemahaman atas beberapa aturan teknis yang berhubungan dengan keuangan daerah dan peraturan pengadaan barang/jasa pemerintah. Semua peraturan terkait tersebut menuntut para pengelola keuangan daerah dan pengadaan barang/jasa pemerintah saat ini harus terus berbenah, lebih profesional, memahami tugas dan fungsi dasar sebagai pengelola keuangan dan pengadaan, serta mampu menyerap pesan penting yang tertuang dalam berbagai aturan dimaksud.

Melewati beberapa bulan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 130 Tahun 2018 diterbitkan, ternyata dalam praktiknya program ini belum terlalu lancar dilaksanakan. Bahkan acapkali terjadi pemasalahan dan keluhan yang timbul, seperti belum pahamnya para pihak dalam menyusun perencanaan kegiatan, kesalahan dalam penugasan personil, tidak tertib proses pengadaan barang/jasa, dan pertanggungjawaban yang tidak akuntabel. Bahkan santer diketahui ada pihak terkait yang tidak bersedia melaksanakan program ini, karena ketidakpahaman proses yang harus ditempuh atau karena kekhawatiran ancaman ermasalahan hukum bagi pelaku pengadaannya.

Untuk kemudahan para pihak dalam melaksanakan program ini, terlampir beberapa dokumen yang dapat dijadinya contoh format dalam proses pelaksanaan, seperti format penyusunan rencana kerja atau kerangka acuan kerja, format notulen untuk penyelenggaraan rapat dan pembahasan, Nota Kesepahaman dalam pelaksanaan swakelola, Kontrak Swakelola, SK pengangkatan Pelaku Pengadaan, Berita Acara Pemeriksaan Pekerjaan, Berita Acara Serah Terima, serta terlampir juga slide ajar Penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa Kegiatan Pembangunan Sarana Dan Prasarana Kelurahan Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan
yang membahas aturan teknis yang terkait.

Semoga bermanfaat dalam menambah inspirasi normatif bagi para Lurah dan pihak terkait lainnya.


Lampiran-lampiran

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *